•  
Selamat Datang di Website RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi >>> Kami Siap Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Semua >>> Alamat Jln A. Rivai no 1-Bukittinggi(0752)21720;21492;21831;21322; Fax(0752)21321,Sumbar >>> MOTO : Mengutamakan Pelayanan Yang Ramah, Cepat, Tepat Dan Siap Berkinerja “TERBAIK” >>> VISI ” Menjadikan RSUD Dr.Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai Tempat Tujuan Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas dan Terjangkau di Regional Sumatera"
INSTALASI PROMKES
Diposting tanggal: 27 Maret 2014

 

Promosi Kesehatan Rumah Sakit (Pkrs)

 

I.          PENGERTIAN

 PKRS merupakan suatu wadah informasi kesehatan berupa Promosi Kesehatan Rumah Sakit  dengan memakai sarana dan prasarana yang bersifat Administratif Koordinatif. Promosi Kesehatan di sebuah rumah sakit merupakan hal yang penting. Kegiatannya tentu saja memberikan kepandaian kepada seluruh masyarakat yang dating ke rumah sakit agar mereka mengerti dan juga pandai menyehatkan dirinya. Oleh karena itu, Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) melakukan berbagai macam kegiatan, baik itu dalam bentuk penyuluhan, informasi melalui leaflet, poster, standing banner dan lainnya, sehingga setiap orang yang berada didalam lingkungan RSAM akan selalu diingatkan untuk berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

II.        TUJUAN

A.      Tujuan Umum :

Tercapainya penyelenggaraan informasi kesehatan dengan mutu, cakupan  dan efisiensi yang optimal melalaui terselenggarannya Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Rumah sakit yang baik dan mantap.

 

B.       Tujuan Khusus :

1.          Memberikan informasi-informasi kesehatan melalui media yang ada di PKRS baik itu media Audio maupun Visual  kepada pengguna jasa baik itu penderita rawat inap, rawat jalan, petugas rumah sakit maupun pengunjung/masyarakat lain yang memakai jasa rumah sakit.

2.          Memantapkan sistem informasi untuk mendukung proses manajemen RS dengan data yang akurat, lengkap, relevan  dan mutakhir melalui PKRS yaitu :

a.Tersedianya data/informasi yang dibutuhkan.

b.Terkumpulnya data/informasi yang tepat waktu, benar dan lengkap.

c.Diolahnya data yang ada menjadi suatu informasi yang berguna dan bermanfaat.

d.Dipakainya data/informasi di PKRS sebagai dasar perencanaan suatu kegiatan bagi unit-unit bagian lain yang ada di RS.

e.Tersebarnya informasi kepada unit kerja baik Internal maupun Eksternal sesuai dengan ketentuan yang ada.

3.  Melaksanakan program terpadu pada unit-unit fungsional dan Instalasi-instalasi yang ada diikutsertakan dalam kegiatan PKRS.

4.  Terlaksananya publikasi dan dokumentasi kegiatan RS.

5. Terselenggaranya pemberitaan/informasi pelaksanaan program PKRS dengan perpaduan koordinasi dengan kegiatan-kegiatan lain di RS.

6. Terselenggaranya penyuluhan kesehatan dilingkungan Rumah Sakit secara terpadu dan terencana.

 

III.   ORGANISASI

          Dalam melaksanakan tugas rutin sehari-hari PKRS beranggota 2 (dua) orang petugas pelaksana kegiatan dan 2 (dua) orang petugas Administrasi (Internal dan Eksternal) yaitu :

1.       Penanggung jawab PKRS (Ka. Instalasi)

2.       Staf Pelaksana PKRS 

5.       Petugas Tim terpadu meliputi di Ruang rawat inap dan rawat jalan.

 

IV.   TUGAS POKOK DAN FUNGSI

 A.      Tujuan Pokok :

PKRS mempunyai tugas pokok mempersiapkan, menyusun, mengawasi dan mengevaluasi penyelenggaraan informasi kesehatan berupa penyuluhan kesehatan masyarakat rumah sakit melalui media Audio maupun Visual ataupun dengan cara-cara penyelenggaraan informasi kesehatan yang lain dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada sehingga mendapatkan hasil yang bermanfaat dan berhasil guna bagi pengguna jasa baik di dalam RS sendiri maupun di luar RS

 

B.      Fungsi

Untuk menjalankan tugas pokok tersebut, PKRS berfungsi :

1. Perencanaan kegiatan serta kebutuhan dalam proses pengembangan organisasi dan tatalaksana PKRS

2. Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penyampaian informasi di PKRS.

3. Penyelenggaraan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di PKRS

4. Pengkoordinasian  kegiatan pencatatan dan pelaporan (report dan record) serta penyelenggaraan kegiatan di PKRS.

 

V.       RUANG LINGKUP

Ruang lingkup tugas di PKRS adalah : Pengkoordinasian pelaksa- naan kegiatan PKRS meliputi:

1. Internal:

- Penyuluhan Farmasi, Gizi, Kesehatan Umum (Sanitasi & Kesehatan   Mental).

- Penyuluhan Rohani

2. Eksternal:

         Penyuluhan bekerjasama dengan media informasi lain, baik media cetak maupun 

         elektronika antara lain :

a. Perencanaan, pemantauan dan penilaian penyelenggaraan penyuluhan

b. Pelaksanaan kegiatan pameran

c. Pembuatan spanduk

d. Pengadaan poster & brosur

e. Pemutaran kaset/VCD dan artikel

f.  Ekspose kegiatan PKRS

 

V. URAIAN TUGAS

 1.       Penanggung Jawab PKRS.

a.   Menyusun program kerja, rencana kegiatan di PKRS.

b.  Mengkoordinir penyusunan bahan pemberitaan mengenai kegiatan rumah sakit dan bahan penyuluhan kesehatan di PKRS.

c.    Menyusun rencana penyajian informasi dan penyajian berita kegiatan rumah sakit.

d   Mengawasi semua kegiatan dalam proses pelaksanaan kegiatan – kegiatan yang ada di PKRS.

e.  Melakukan evaluasi kegiatan setiap bulannya.

f. Memimpin, menggerakan dan mengrahkan staf untuk melaksanakan pekerjaan secara terencana, tertib, teratur dan terpadu.

g. Menyampaikan hasil penyuluhan (bahan pemberitaan di semua kegiatan PKRS) ke Sub. Bag. Informasi dan Pemasaran Sosial.

 2.       Staf Pelaksana PKRS.

a. Menyelengarakan pusat informasi melalui fasilitas (sarana dan prasarana) yang ada di PKRS.

b.  Merencanakan, membuat dan melaksanakan pemantauan dan penilaian penyelenggaraan penyuluhan di PKRS.

c.    Mengatur pembuatan jadwal acara dalam kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan.

d.   Mengumpulkan, mengolah hasil dokumentasi kegiatan di PKRS.

e.  Menyusun dan membuat laporan mingguan, bulanan, triwulan, semester dan tahunan ke bagian Rekam Medis setelah sebelumnya disaampaikan kepada Sub. Bag. Informasi dan Pemasaran Sosial.

f.    Menjaga kebersihan sarana dan prasarana yang ada di PKRS.

g.  Mempersiapkan dan mengaktifkan peralatan yang ada di PKRS baik media audio maupun visual.

h. Memeriksa dan meneliti peralatan dokumentasi / penyuluhan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan peralatan.

i.   Mengikuti pendidikan dan pelatihan berkenaan dengan segala kegiatan yang ada di PKRS.

 

3.       Administrasi PKRS.

   Internal :

a.  pengumpulan dsan pencatatan hasil dokumentasi untuk kemudian di arsipkan.

b.  Menggandakan hasil dokumentasi dan memberi pelayanan kepada yang memerlukan sesuai petunjuk atasan.

c.  Mengelola surat – surat yang ada, keuangan dan logistik berkenaan dengan kegiatan yang dilaksanakan.

d.  Melakukan semua kegiatan administrasi di internal PKRS.

e. Ikut dalam pembuatan laporan mingguan, bulanan dan triwulan bekerja sama dengan staf pelaksana PKM.

  Eksternal :

a.  bekerja sama dengan petugas administrasi internal dalam pelaksanaan kegiatan rutin sehari

     – hari.

b.  Menyusun, mengolah dan mengevaluasi semua kegiatan untuk kemudian dilaporkan kepada Sub. Bag. Informasi dan Pemasaran Sosial.

c.  Mengatur, mengelola dan menyelenggarakan surat – surat, keuangan dan logistik untuk

     diarsipkan di bidang perencanaan.

d.  Membuat usulan kebutuhan dan perbaikan alat – dokumentasi / penyu-luhan dalam rangka

     pemenuhan kebutuhan dan peralatan barang – barang.

e.  Menyelengarakan penerbitan / pembuatan brosur ( leaflet, poster, span-duk) dalam kegiatan

     yang dilakukan di PKRS.