•  
Selamat Datang di Website RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi >>> Kami Siap Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Semua >>> Alamat Jln A. Rivai-Bukittinggi(0752)21720;21492;21831;21322; Fax(0752)21321,Sumbar >>> MOTO : Mengutamakan Pelayanan Yang Ramah, Cepat, Tepat Dan Siap Berkinerja “TERBAIK” >>> VISI ” Terwujudnya RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai Rumah Sakit Rujukan Terdepan, Berdaya Saing dan Bermartabat Tahun 2021" >>> MISI : 1. Meningkatkan pelayanan rujukan yang bermutu dan paripurna bagi seluruh lapisan masyarakat 2. Meningkatkan kemandirian rumah sakit dalam pengelolaan pelayanan kesehatan, administrasi dan manajemen.
Jumat, 06 April 2018 - 11:19:25 WIB
PERAN SERTA RSAM DALAM RANGKA MEMPERINGATI " HARI TB SEDUNIA 24 MARET 2018"
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Internal - Dibaca: 66425 kali

RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai rumah sakit rujukan regional sumatera tengah mengambil peranan dalam memperingati hari TB Sedunia yang pertama kali diadakan oleh WHO dan Kerajaan Belanda Tuberculosis Foundation tahun 1995 di Den Haag, Belanda. Hari TB Sedunia adalah even tahunan setiap tanggal 24 Maret yang diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum tentang penyakit epidemi tuberkulosis serta mendapatkan upaya untuk memberantas penyakit TB.  Dalam rangka memperingati hari TB sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2018. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menurunkan angka kematian, angka kesakitan berupa pelayanan preventif (pencegahan penyakit) pada masyarakat.

Survei prevalensi TBC yang dilakukan di enam propinsi pada tahun 1983-1993 menunjukkan bahwa prevalensi TBC di Indonesia berkisar antara 0,2 s/d 0,65%. Sedangkan menurut laporan Penanggulangan TBC Global yang dikeluarkan oleh WHO pada tahun 2004, angka insidensi TBC pada tahun 2002 mencapai 555.000 kasus (256 kasus/100.000 penduduk), dan 46% diantaranya diperkirakan merupakan kasus baru. Perkiraan prevalensi, insidensi dan kematian akibat TBC dilakukan berdasarkan analisis dari semua data yang tersedia, seperti pelaporan kasus, prevalensi infeksi dan penyakit, lama waktu sakit, proporsi kasus BTA positif, jumlah pasien yang mendapat pengobatan dan yang tidak mendapat pengobatan, prevalensi dan insidens HIV, angka kematian dan demografi.

Berdasarkan akreditasi Rumah Sakit versi 2012 Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) adalah upaya rumah sakit untuk meningkatkan kemampuan pasien, klien, dan kelompok masyarakat agar pasien dapat mandiri dalam mempercepat kesembuhan dan rehabilitasnya.

Berkenaan dengan hal diatas, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat yang sudah terpapar/yang belum dengan penyakit TB paru maka dalam rangka memperingati  HARI TB SEDUNIA TAHUN 2018 yang bertepatan pada tanggal 24 Maret 2018.

Instalasi PKRS bekerjasama dengan Poli DOTS dan Ruang Paru di rumah sakit mengadakan acara :

 

No

Kegiatan

Jadwal

Tempat

Sasaran

Penanggung Jawab

1

Dialog Interaktif

4 April 2018

Ruang tunggu BPJS

Pengunjung RSAM

PKRS

Poli DOTS

 

2

 Booth Campian TB

4 April 2018

Ruang tunggu BPJS

Pengunjung RSAM

PKRS

Poli DOTS

 

3

Pembagian Masker gratis + Leaflet TB

4 April 2018

Ruang tunggu BPJS

Pengunjung RSAM

PKRS

Poli DOTS

 

4

Reward ke Audien

4 April 2018

Ruang tunggu BPJS

Pengunjung RSAM

PKRS

Poli DOTS

 

 

Audiens yang mengikuti acara tersebut sangat antusias sekali , karena bisa dilihat dari  banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber yang merupakan dokter spesialis yang bertugas di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi  yang berkolaborasi dalam kegiatan yaitu :

1. Dr. Taufiq Hidahat, Sp.P

2. Dr. Adam Pribadi, Sp.BS

3. Dr. Loli Devianti, Sp,PA 

Kemudian Ka. Instalasi PKRS yaitu Ricky Satria, SKM sebagai Koordinator Kegiatan dan bekerjasama dengan Poli Paru dan Ruang Rawat Inap Paru dalam kegiatan memperingati Hari TB Sedunia, yang mana di RSUD Dr. Achmad Mochtar bukittinggi diselenggarakan pada hari Rabu pagi tgl 4 April 2018. 

Dengan adanya acara ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat untuk berperan dalam upaya program pencegahan dan pengendalian TBC, khususnya pengunjung RSAM yang tengah mendapat pelayanan di rumah sakit, yang mana nantinya diharapkan pengunjung rumah sakit paham dan mengerti akan pentingnya deteksi dini penyakit TB pada masyarakat selaku pengguna layanan di rumah sakit..

 

 

 

 

 

 



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)