•  
Selamat Datang di Website RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi >>> Kami Siap Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Semua >>> Alamat Jln A. Rivai no 1-Bukittinggi(0752)21720;21492;21831;21322; Fax(0752)21321,Sumbar >>> MOTO : Mengutamakan Pelayanan Yang Ramah, Cepat, Tepat Dan Siap Berkinerja “TERBAIK” >>> VISI ” Terwujudnya RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai Rumah Sakit Rujukan Terdepan, Berdaya Saing dan Bermartabat Tahun 2021" >>> MISI : 1. Meningkatkan pelayanan rujukan yang bermutu dan paripurna bagi seluruh lapisan masyarakat 2. Meningkatkan kemandirian rumah sakit dalam pengelolaan pelayanan kesehatan, administrasi dan manajemen.
Senin, 03 September 2018 - 09:26:52 WIB
6 Kemungkinan penyebab kulit tiba-tiba gatal, dari alergi sampai leukemia
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Media - Dibaca: 858 kali

6 Kemungkinan penyebab kulit tiba-tiba gatal, dari alergi sampai leukemia

1. Penyebab kulit gatal: Dari kurang pelembap sampai reaksi obat

 

Kulit kering

Jika Anda tidak melihat adanya ruam kemerahan atau perubahan dramatis lain pada area yang gatal, kulit kering (xerosis) mungkin penyebabnya. Kondisi kulit kering bukan sesuatu yang serius, tetapi bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Ketika kulit menjadi kering, sel akan mengerut, sehingga timbul keriput dan garis-garis halus.

Kulit mungkin terasa tegang tertarik atau tampak menyusut. Anda mungkin juga akan melihat pada kulit Anda timbul sisik, serpihan, atau kulit yang mengelupas pada kulit gatal ringan hingga sedang.

Kulit kering biasanya merupakan kondisi yang umum terjadi karena usia atau faktor lingkungan, seperti berada di tempat dingin lama, mandi/berendam air hangat terlalu lama, sabun berbahan keras, bahan pakaian gatal, iritasi akibat produk-produk tertentu (misalnya logam atau parfum tertentu), hingga salah pakai produk pelembap kulit.

Reaksi obat

Antibiotik, obat antijamur, atau penghilang nyeri narkotik dapat menyebabkan gatal tiba-tiba yang meluas di seluruh area. Namun, sebagian besar reaksi obat akan menimbulkan ruam bersamaan dengan gatal.

Kurap

Kurap adalah infeksi di daerah pangkal paha atau selangkangan yang disebabkan oleh perkembangbiakan jamur. Kondisi kulit ini terutama ditemukan pada remaja dan dewasa pria, tetapi perempuan segala usia mungkin bisa memilikinya juga.

Tinea cruris, nama medis dari kurap, terjadi di daerah yang hangat dan lembap, dan sering muncul bersamaan dengan kaki jamuran. Kurap biasanya akan ditemukan di dekat lipatan paha atas, dan dapat diidentifikasi dengan gatal tiba-tiba di daerah selangkangan dan kulit yang bersisik.

Kurap umumnya diperparah oleh kelembapan dan gesekan konstan di area pangkal paha yang datang dari keringat dan pakaian. Bedak jamur non-resep dapat menyembuhkan kasus kurap ringan hingga sedang, sementara kasus infeksi berat memerlukan resep dokter.

 

2. Penyebab kulit gatal: Dari kehamilan sampai penyakit dalam

 

Kudis

Kudis adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh tungau (Sarcoptes scabiei) yang menggali lubang-lubang kecil di kulit kita. Kondisi kulit ini juga menyebabkan bintik-bintik merah yang tampak di area gigitan tungau.

Rasa gatal tiba-tiba yang terkait dengan kondisi ini sering timbul paling parah di malam hari. Kudis sangat menular dan menyebar akibat kontak kulit dalam jangka waktu panjang dengan orang dengan orang yang terkena penyakit ini, seperti ketika berbagi pemakaian handuk, seprai, atau baju.

 

Peregangan kulit pada ibu hamil

Selama kehamilan, beberapa wanita mengalami kulit gatal tanpa gejala yang jelas, terutama pada bagian perut, paha, dada, tangan, serta lipatan kulit, seperti bagian dalam lutut atau siku. Kulit yang meregang atau perubahan hormon mungkin penyebab kulit gatal tiba-tiba jika Anda sedang hamil.

Pada beberapa wanita hamil, gejala kondisi kulit tertentu, seperti eksim dapat timbul makin parah. Anda dapat mengalami dermatitis untuk pertama kalinya saat hamil. Dokter Anda dapat merekomendasikan perawatan yang aman untuk meredakan gatal dan eksim.

 

Penyakit dalam

Kulit gatal tiba-tiba dapat menjadi gejala dari suatu penyakit yang mendasarinya. Ini termasuk berbagai kemungkinan, seperti diabetes, penyakit hati, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid, penyakit celiac, HIV/AIDS, sindrom Sjogren, kelainan darah (misalnya, polisitemia rubra vera), dan kanker (termasuk leukemia dan limfoma).

Stres dan penyakit kejiwaan lainnya, seperti gangguan kecemasan, depresi, dan gangguan obsesif-kompulsif juga dapat menyebabkan kulit gatal tiba-tiba tanpa gejala yang jelas.

Gatal biasanya mempengaruhi seluruh tubuh. Dalam situasi ini, mungkin akan tidak tampak perubahan pada penampilan kulit (kecuali hanya beberapa tanda goresan bekas garukan).

sumber : Merdeka.com 

read more >>> silahkan klik https://www.merdeka.com/sehat/6-kemungkinan-penyebab-kulit-tiba-tiba-gatal-dari-alergi-sampai-leukemia/penyebab-kulit-gatal-dari-kurang-pelembap-sampai-reaksi-obat.html  



322 Komentar :

Jasa Konveksi Kaos Karakter Online Murah
03 September 2018 - 09:29:56 WIB

website ini mempunyai banyak sekali informasi menarik, terus update gan
grosir tas kertas di Surabaya
03 September 2018 - 10:05:56 WIB

sukses selalu
Jasa Konveksi Kaos Olah Raga Murah Di Bandung
03 September 2018 - 10:38:18 WIB

saya kagum dengan artikel ini banyak sekali yang berminat membaca artikel ini
grosir tas spunbond di Surabaya
03 September 2018 - 10:57:32 WIB

sukses selalu
supplier baju murah di sidoarjo
03 September 2018 - 11:09:20 WIB

sukses selalu
Jasa Konveksi Kaos Polos Di Bandung
03 September 2018 - 11:18:39 WIB

Terimakasih atas beritanya pak, Saya Tunggu Berita yang barunya lagi
tempat sablon baju di Denpasar
03 September 2018 - 11:39:22 WIB

sukses selalu
Jasa Kaos Oblong Sablon Murah Di Bandung
03 September 2018 - 11:49:56 WIB

lanjutkan buat artikel menarik dan informatif lainnya
alamat konveksi di Denpasar
03 September 2018 - 13:29:36 WIB

sukses selalu
distributor Genset 40 kVa
03 September 2018 - 13:43:19 WIB

baik sekali agan membuat informasi yang bagus seperti ini lanjutkan
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 33 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)