•  
Selamat Datang di Website RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi >>> Kami Siap Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Semua >>> Alamat Jln A. Rivai-Bukittinggi(0752)21720;21492;21831;21322; Fax(0752)21321,Sumbar >>> MOTO : Mengutamakan Pelayanan Yang Ramah, Cepat, Tepat Dan Siap Berkinerja “TERBAIK” >>> VISI ” Terwujudnya RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai Rumah Sakit Rujukan Terdepan, Berdaya Saing dan Bermartabat Tahun 2021" >>> MISI : 1. Meningkatkan pelayanan rujukan yang bermutu dan paripurna bagi seluruh lapisan masyarakat 2. Meningkatkan kemandirian rumah sakit dalam pengelolaan pelayanan kesehatan, administrasi dan manajemen.
Minggu, 29 Maret 2020 - 12:09:43 WIB
DATA PANTAUAN COVID-19 (NOVEL CORONAVIRUS) PROVINSI SUMBAR 2020
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Internal - Dibaca: 858 kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    

DAFTAR PANTAUAN COVID19

 Pembaharuan Terakhir Data Pantauan Covid19


No.


Tanggal.

Orang Dalam Pemantauan

Pasien Dalam Pengawasan

Kasus Terkonfirmasi Covid-19

Proses

Selesai

Total

Masih Dirawat

Pulang & Sehat

Total

Dirawat

Isolasi Mandiri

Sembuh

Mening-gal

Kasus Positif

1

02 April 2020

1889

1048

2937

13

47

60

8

4

0

1

13

2

01 April 2020

1971

480

2451

19

39

58

7

4

0

1

12

3

31 Maret 2020

1782

386

2168

15

36

51

6

4

0

1

11

4

30 Maret 2020

1616

282

1898

17

32

49

6

2

0

1

9

5

29 Maret 2020

1552

331

1883

28

21

49

5

2

0

1

8

Apa Itu COVID-19 :

Pneumonia Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 adalah penyakit peradangan paru yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Gejala klinis yang muncul beragam, mulai dari seperti gejala flu biasa (batuk, pilek, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala) sampai yang berkomplikasi berat (pneumonia atau sepsis).

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernapasan Akut Berat/Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19).

 

Gejala COVID-19 :

sebagai berikut: Demam ≥38°C Batuk kering Sesak napas Nyeri tenggorok/menelan Jika ada orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala tersebut pernah melakukan perjalanan ke negara terjangkit atau pernah merawat/kontak erat dengan penderita COVID-19, maka orang tersebut akan diperiksa melalui pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya. 

 

Bagaimana COVID-19 Menular?

Cara penularan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 ialah melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu (biasanya 1 meter). Droplet bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin. Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran droplet. Untuk penularan melalui makanan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiahnya.

Orang dalam pemantauan (ODP) adalah seseorang yang mengalami demam (≥38°C) atau riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan, seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, memenuhi salah satu kriteria: “memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di luar negeri yang melaporkan transmisi lokal” atau “memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di area transmisi lokal di Indonesia”..

 

Pasien Dalam Pengawasan (PDP)adalah seseorang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yaitu demam (≥38°C) atau riwayat demam; disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernapasan seperti: batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, memenuhi salah satu kriteria: "memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di luar negeri yang melaporkan transmisi lokal" atau "memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di area transmisi lokal di Indonesia"; atau Seseorang dengan demam (≥38°C) atau riwayat demam atau ISPA DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau probabel COVID-19 atau Seseorang dengan ISPA berat/pneumonia berat di area transmisi lokal di Indonesia yang membutuhkan perawatan di rumah sakit DAN tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

JADI :

ODP adalah Orang yang memiliki riwayat perjalanan dan masuk dari negara atau daerah yang terkonfirmasi di wilayahnya terjadi penularan COVID-19 dan memiliki gejala.

 

PDP adalah singkatan dari pasien dalam pengawasan. Artinya, orang yang masuk ke dalam kategori ini sudah dirawat oleh tenaga kesehatan (menjadi pasien) dan menunjukkan gejala sakit seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas.

Mengantisipasi penularan covid-19 :

Tindakan pencegahan agar tidak tertular, diantaranya dengan :

1.   Menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas/kekebalan tubuh meningkat

2.  Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan alkohol 70-80% handrub sesuai langkah-langkah mencuci tangan yang benar. Mencuci tangan sampai bersih merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Dan, sebagian besar penyebaran penyakit akibat virus dan bakteri bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.

3.   Ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan Anda tidak tertular. Tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan bagian dalam (bukan dengan telapak tangan) dan gunakan masker.

4.   Hindari kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum.

5.  Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah). Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.

6.    Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum.

7.    Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan Anda.

8.    Menunda perjalanan ke daerah/ negara dimana virus ini ditemukan.

9.    Hindari bepergian ke luar rumah saat Anda merasa kurang sehat, terutama jika Anda merasa demam, batuk, dan sulit bernapas. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka. Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya Anda pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama. Ikuti arahan dari petugas kesehatan setempat.

10.  Selalu pantau perkembangan penyakit COVID-19 dari sumber resmi dan akurat. Ikuti arahan dan informasi dari petugas kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat. Informasi dari sumber yang tepat dapat membantu Anda melindungi dari Anda dari penularan dan penyebaran penyakit ini.

Daftar Rumah Sakit Rujukan

Berikut ini adalah rumah sakit yang menjadi rujukan untuk pasien dengan status Pasien dalam Pengawasan. Anda harus mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat terlebih dahulu (misalnya klinik/rumah sakit umum) sebelum akhirnya dapat dirujuk ke rumah sakit khusus di bawah ini. 

1.    RSUP Dr. M. Djamil Padang
Jl. Perintis Kemerdekaan, Sawahan Tim., Kec. Padang Tim., Kota Padang, Sumatera Barat 25171
Telp: Phone: 0751-32371, 810253, 810254
www.rsdjamil.co.id 

2.    RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi
Jl. Dr. Abdul Rivai No.1, Bukit Apit Puhun, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26136
Telp: (0752) 21720, 21492, 21831, 21322
rsam-bkt.sumbarprov.go.id

 

info selanjutnya data perkembangan Covid-19 (Novel coronavirus) terbaru di PROVINSI SUMBAR silahkan klik disini >> https://corona.sumbarprov.go.id/ 

atau klik sub menu link COVID-19 SUMBAR diwebsite ini

atau klik gambar banner Covid-19 (Novel Coronavirus  RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi) dibahagian bawah Website ini 

 

INFO TERKAIT COVID-19 :

 

INFO NASIONAL DI INDONESIA TENTANG DATA COVID-19 https://www.covid19.go.id/

INFO TERBARU BERITA KOTA BUKITTINGGI DIWEBSITE RESMI PEMKO BUKITTINGGI  

http://www.bukittinggikota.go.id/berita/odp-bertambah-saranaprasarana-kurang-memadai-wako-sampaikan-ini-pada-telekonferensi-gubernur-dengan-kepala-daerah-se-sumbar

 

INFO INTERNASIONAL WEBSITE RESMI WHO 

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus  

dan Link terkait:

https://www.paho.org/en/topics/coronavirus-infections/coronavirus-disease-covid-19 

https://www.unicef.org/stories/novel-coronavirus-outbreak-what-parents-should-know

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/index.html  

 

dan Link Website Resmi Kemenkes RI : 

https://www.kemkes.go.id/

http://promkes.kemkes.go.id/kumpulan-flyer-pencegahan-virus-corona 

https://infeksiemerging.kemkes.go.id/ 

 

 

 

 

 



Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)