•  
Selamat Datang di Website RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi >>> Kami Siap Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Semua >>> Alamat Jln A. Rivai no 1-Bukittinggi(0752)21720;21492;21831;21322; Fax(0752)21321,Sumbar >>> MOTO : Mengutamakan Pelayanan Yang Ramah, Cepat, Tepat Dan Siap Berkinerja “TERBAIK” >>> VISI ” Menjadikan RSUD Dr.Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai Tempat Tujuan Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas dan Terjangkau di Regional Sumatera"
INSTALASI GIZI
Diposting tanggal: 27 Maret 2014

 INSTALASI GIZI RSUD Dr. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI
 
Pelayanan Gizi rumah sakit bagi pasien rawat jalan dan pasien rawat inap untuk memperoleh makanan dan gizi yang sesuai guna mencapai syarat gizi yang maksimal. Pelayanan yang bermutu dirumah sakit akan membantu mempercepat penyembuhan pasien, yang berarti pula akan memperpendek lama hari rawat sehingga dapat menghemat biaya pengobatan. Keuntungan lain, jika pasien cepat sembuh adalah mereka dapat segera kembali mencari nafkah untuk diri dan keluarganya. Hal ini sejalan dengan perkembangan IPTEK di Bidang kesehatan, dimana terapi gizi sangat berperan dalam proses  dalam kesembuhan pasien.
 
Ruang lingkup kegiatan pokok pelayanan yaitu : 

1. Penyelenggaraan makanan

2. Pelayanan gizi rawat inap

3. Pelayanan gizi rawat jalan

4. Penelitian dan pengembangan gizi 

      Selain 4 kegiatan pokok, juga memonitor SPM (standar pelayanan Minimal) Instalasi Gizi  selain setiap 3 bulan sekali. Standar Pelayanan Gizi Minimal  dirumah sakit adalah suatu tantangan untuk memberikan pelayanan gizi rumah sakit yang berkualitas, standar pelayanan gizi rumah sakit dimaksudkan agar tersedianya panduan bagi rumah sakit dalam melaksanakan Perencanaan, Pengendalaian serta pengawasan dan pertanggung jawaban terhadap indikator mutu pelayanan gizi yang telah ditetapkan.

Standar Pelayanan Gizi Minimal rumah sakit (SPM Gizi ) mencakup 3 indikator  yaitu :

1. Ketepatan waktu pemberian makan kepada pasien yang sudah terjadwal.

2. Sisa makanan yang tidak termakan oleh pasien

3. Tidak adanya kejadian kesalahan pemberian Diit. 

TUJUAN : 

Tujuan Umum :

Pelayanan gizi rumah sakit adalah terciptanya sistem pelayanan gizi rumah sakit dengan memperhatikan berbagai aspek gizi dan penyakit, serta merupakan bagian dari pelayanan kesehatan secara menyeluruh untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu pelayanan gizi rumah sakit . 

 

TUJUAN KHUSUS :

  1. Tersediannya menu makanan sesuai dengan yang direncanakan berdasarkan jenis konsumen yang dilayani dan jenis makanannya.
  2. Tersediannya makanan sesuai kebutuhan gizi pasien berdasarkan standar yang telah ditetapkan dan cita rasa makanan.
  3. Tersediannya makanan sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan memenuhi standar sanitasi.
  4. Termonitornya asuhan gizi rawat inap melalui asupan gizi pasien, sisa makanan yang tidak termakan oleh pasien, keterlambatan pemberian Diit pasien dan tidak adanya kesalahan dalam pemberian makanan pasien.
  5. Adanya peningkatan pemberian pengetahuan gizi kepada pasien , keluarga dan pengunjung rumah sakit melalui konsultasi gizi dan penyuluhan gizi & kesehatan secara berkala.
  6. Terciptanya lingkungan kerja yang aman dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan Instalasi Gizi. 

PELAKSANAAN : 

Beberapa macam kegiatan guna mencapai pelayanan gizi yang optimal baik bagi pasien rawat jalan dan rawat inap , kegiatan yang dilaksanakan anatara lain :

  1. Penyelenggaraan makanan untuk pasien.
  2. Terapi dan konsultasi gizi.
  3. Pendidikan dan pelatihan gizi
  4. Pengkajian dan pengembangan melalui perencanaan, pengerakan serta pengembalian sarana dan tenaga dalam rangka meningkatkan pelayanan gizi yang optimal untuk pasien.