•  
Selamat Datang di Website RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi >>> Kami Siap Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Semua >>> Alamat Jln A. Rivai no 1-Bukittinggi(0752)21720;21492;21831;21322; Fax(0752)21321,Sumbar >>> MOTO : Mengutamakan Pelayanan Yang Ramah, Cepat, Tepat Dan Siap Berkinerja “TERBAIK” >>> VISI ” Menjadikan RSUD Dr.Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai Tempat Tujuan Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas dan Terjangkau di Regional Sumatera"
INSTALASI CSSD
Diposting tanggal: 27 Maret 2014

INSTALASI CSSD RSUD Dr. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI

 

Instalasi Sterilisasi Pusat/CSSD RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam pengendalian infeksi dan berperan dalam upaya menekan kejadian infeksi di rumah sakit. Instalasi sterilisasi pusat bertugas untuk memberikan pelayanan terhadap semua kebutuhan bahan atau alat dalam kondisi steril / bebas dari semua mikroorganisme termasuk endospora secara cepat, tepat dan terukur.

Konsep dan Peranan Instalasi Sterilisasi Pusat / CSSD telah berkembang dari hanya suatu unit autoclave untuk sterilisasi menjadi sistem infectian control di rumah sakit. Secara Ideal, Instalasi CSS adalah  salah satu departemen yang independen dengan fasilitas untuk menerima, membersihkan, mengemas, mendesinfektan, mensteril, menyimpan, dan mendistribusikan alat-alat, sesuai dengan standar prosedur.

TUJUAN :

1. Mengurangi  kejadian infeksi nasokomial.

2. Memutus mata rantai penyebaran kuman dilingkungan rumah sakit.

3. Menyediakan dan menjamin kualitas hasil sterilisasi terhadap produk yang dihasilkan.

4. Ikut menjamin kuntinuitas ketersediaan alat dan bahan habis pakai steril untuk seluruh kebutuhan rumah sakit.

KEGIATAN :

Pada prinsipnya melayani seluruh unit atau bagian di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi yang membutuhkan alat dan bahan dalam kondisi steril.

 

Saat ini CSSD memberikan Pelayanan Sebagai Berikut :

1. Setting-packing set tenun.

2. Sterilisasi tenun

3. Sterilisasi instrumen

4. Produk Kassa Steril

5. Pendidikan dan Pelatihan