•  
Selamat Datang di Website RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi >>> Kami Siap Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Semua >>> Alamat Jln A. Rivai no 1-Bukittinggi(0752)21720;21492;21831;21322; Fax(0752)21321,Sumbar >>> MOTO : Mengutamakan Pelayanan Yang Ramah, Cepat, Tepat Dan Siap Berkinerja “TERBAIK” >>> VISI ” Menjadikan RSUD Dr.Achmad Mochtar Bukittinggi sebagai Tempat Tujuan Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas dan Terjangkau di Regional Sumatera"
IGD
Diposting tanggal: 18 Januari 2012

PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT

I

nstalasi Gawat Darurat (IGD) sebagai salah satu unit terpenting dari RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi berfungsi sebagai unit yang siap melayani berbagai kegawat-daruratan dan berbagai masalah kesehatan pada setiap elemen masyarakat dan salah satu unit yang mandiri dan selalu mengutamakan KECEPATAN dan KETEPATAN pelayanan kesehatan pada pasien.

Sebagai rumah sakit rujukan dan terletak pada posisi yang sangat strategis, berada di pusat kota, mudah dijangkau dari berbagai penjuru kota dan dilewati oleh jalan propinsi. Hal ini menyebabkan IGD RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi banyak dimanfaatkan masyarakat dalam rangka mengatasi masalah kesehatan mereka baik kasus non gawat darurat maupun kasus gawat darurat. Rumah sakit memberikan pelayanan Gawat Darurat secara terus menerus selama 24 jam dan tujuh hari dalam seminggu.

Pelayanan 24 jam pada kasus-kasus Emergency dan False-Emergency. Pukul 08.00 - 12.00 pasien diarahkan ke Poliklinik, diatas pukul 12.00 pasien dilayani tetapi diutamakan yang GAWAT DARURAT terlebih dahulu.

Salah satu bagian dari Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) adalah penanganan pada saat fase rumah sakit. Pelayanan pasien gawat darurat adalah pelayanan yang memerlukan pertolongan segera yaitu harus cepat, tepat, akurat dan cermat dan komprehensif oleh tenaga medik dan perawat yang profesional dengan didukung peralatan yang dapat diandalkan untuk mencegah kematian dan kecacatan. Pelayanan pasien gawat darurat memegang peranan yang sangat penting (Time saving is life saving) bahwa waktu adalah nyawa.

Disamping menangani berbagai macam kegawat-daruratan, IGD juga dapat segera MEMBERIKAN INFORMASI mengenai fasilitas-fasilitas RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi, jadwal praktek dokter spesialis dan konsulen secara terus menerus selama 24 JAM!.

SUMBER DAYA MANUSIA

Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat dilakukan oleh tenaga kesehatan yang trampil baik itu tenaga administrasi, perawat maupun dokter yang telah mengikuti Pelatihan Manajemen Kedaruratan, BCTLS, ACLS, ATLS dan pelatihan lainnya. Di samping itu dokter konsulen yang siap datang bila ada konsultasi dari dokter jaga IGD

SARANA PENUNJANG

Untuk menegakkan diagnosis yang lebih akurat di IGD juga dilengkapi dengan perlatan pemeriksaan penunjang diagnostic seperti pemeriksaan Laboratorium dan Radiologi. Di samping itu, juga tApotik yang selalu menyediakan obat generik maupun obat paten sesuai dengan yang dibutuhkan.