Memudahkan Mahasiswa, RSAM Bukittinggi Luncurkan Inovasi SI-PrimBon

Posted on 2024-07-17 07:00:00 by Kanadi Warman, S.Sos

Menunjang kelancaran proses kerja dalam pelaksanaan pendidikan, RSUD Dr Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, luncurkan inovasi Sistem Informasi Praktek Mahasiswa Berbasis Online (SI-PrimBon), Rabu (17/7/2024).

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) RSAM Bukittinggi, dr. DAVID, MM mengatakan saat ini tercatat ada 16 institusi pendidikan dengan 40 program studi yang melibatkan 2000-an mahasiswa yang mempergunakan RSAM Bukittinggi sebagai tempat pendidikan, khususnya untuk kegiatan praktik mahasiswa baik klinis maupun praktik kerja lapangan. Sementara terdapat beberapa tahapan pendidikan tersebut, masih dilaksanakan secara manual seperti pengiputan nilai dan pendaftaran mahasiswa praktek.

“Karena terdapatnya beberapa kendala, maka kami menciptakan trobosan baru melalui inovasi SI-Primbon,” ujar dr. David.

Lanjut dr. David, MM, Inovasi SI-PrimBOn memiliki keunggulan dimana institusi pendidikan dengan mahasiswanya serta rumah sakit dengan tenaga pendidiknya, dapat lebih menjalin komunikasi yang lebih efektif karena sudah menerapkan system digital.

“Semua rangkaian kegiatan pendidikan tersebut bisa di akses melalui aplikasi SI-PrimBon,” terang dr. David, MM.

Dr. David menambahkan, SI-PrimBON dinilai sangat inovatif karena sudah menerapkan system digital. Tentu hal ini bisa direplikasi oleh instansi lainnya untuk menjadi wahana pendidikan praktik mahasiswa yang lebih efektif dan efesien.

Direktur RSAM Bukittinggi, drg. Busril, MPH mengapresiasi diluncurkannya Inovasi Si-PrimBon, karena sangat menunjang kelancaran proses kerja dalam pelaksanaan pendidikan di RSAM Bukittinggi sebagai RS Pendidikan. Sebagai RS Pendidikan Utama dari Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang dan RS Jejaring bagi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Baiturrahmah, serta tempat pendidikan puluhan Instutusi pendidikan kesehatan.

“Maka RSAM wajib memiliki sistem yang mumpuni dalam menunjang kelancaran seluruh kegiatan pendidikan,” ujar drg. Busril, MPH

Drg. Busril, MPH menyambut baik lahirnya inovasi Si-PrimBOn, karena hal ini merupakan implementasi dari amanat Gubernur Sumatera Barat bahwasanya setiap pejabat eselon tiga minimal melahirkan satu inovasi.

“Semoga inovasi Si-PrimBon RSAM Bukittinggi ini berkontribusi menuju Sumatera Barat masuk dalam jajaran 3 besar Provinsi terinovatif di Indonesia,” tambahnya.

Share on WhatsApp Share on WhatsApp

Terbaru