Gubernur Sumbar Apresiasi Inovasi Lilaku 4 GH RSAM Bukittinggi

Posted on 2023-06-30 20:30:00 by Kanadi Warman, S.Sos

Gebernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah tinjau Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), RSUD Dr Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, Sabtu (30/7/2023).

Peninjauan tersebut, seiring dengan masuknya Inovasi Limbah Layakku Menuju Green Hospital (Lilaku 4 GH) top finalis inovasi pelayanan publik tingkat nasional tahun 2023.

Inovasi Lilahku 4 GH adalah inovasi yang fokus dalam pengolaan dan pemanfaatan limbah rumah sakit. Kemudian Lilaku 4 GH ini, bertujuan untuk mewujudkan RSAM Bukittinggi menuju rumah sakit ramah lingkungan (green hospital), minimalisir polusi dan cemaran lingkungan di rumah sakit serta lingkungan sekitarnya, mengurangi berat sampah infeksius yang akan diserahkan ke pihak ke tiga, menghemat pengeluaran rumah sakit dalam menangani sampah infeksius dan efisiensi dalam pembelian pupuk tanaman, penghijauan rumah sakit dan lingkungan dengan pemanfaatan hasil pengolahan limbah, serta bagian upaya dalam memutus mata rantai penularan penyakit.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, kunjungan ia kali ini melihat inovasi Lilaku 4 GH yang masuk top finalis inovasi pelayanan publik. "Inovasi itu sangat cerdas, terobosan baru untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih disekitar rumah sakit," ujarnya.

Lanjutnya, Inovasi ini juga bisa menekan biaya pengelolaan air limbah di internal rumah sakit serta memiliki nilai plus."Inovasi Lilaku 4 GH layak di contoh bagi instansi lain, agar bisa menciptakan inovasi yang tidak hanya bagus secara teori, tetapi juga bisa di implementasikan," tambahnya.

Direktur RSUD RSAM Bukittinggi, drg. Busril, menyampaikan inovasi itu merupakan bagian dari upaya manajemen menjadikan rumah sakit itu ramah lingkungan.

"Kami terus berupaya untuk menjadikan RSAM Bukittinggi lebih ramah lingkungan, salah satu caranya melalui Program Lilaku 4 GH ini," terangnya.

Share on WhatsApp Share on WhatsApp

Terbaru