RSAM Menyapa Nagari Sukses Digelar

Posted on 2023-08-19 11:00:00 by Kanadi Warman, S.Sos

Tingkatkan pelayanan dan kerjasama dengan rumah sakit jejaring, RSUD Dr Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi menggelar seminar RSAM Menyapa Nagari di Balai Sidang Bung Hatta, Novotel Bukittinggi, Sabtu (19/08/2023).

Direktur RSAM Bukittinggi, drg. Busril MPH mengatakan, RSAM ditunjuk sebagai RS Pengampu dalam 10 layanan Prioritas, seperti layanan Kanker, Jantung, Stroke, Uronefro, KIA, DM, Gastrohepatologi, Infeksi Emerging, Jiwa, TB sesuai Permenkes yang diterbitkan oleh kemenkes.

Untuk pendukung layanan prioritas ini RSAM telah memiliki sarana pendukung seperti CT Scan 128 slice dengan kecepatan 5 detik dalam pelaksanaan scan, dapat dilakukan CT angiography, MRI 1,5 Tesla yang akan dioperasikan pada akhir tahun 2023, alat canggih dalam penatalaksanaan penyakit urologi seperti ESWL yang sudah mulai aktif 6 bulan ini. Set Endo Urologi, laparaskopi dengan jumlah pasien Cath lab dengan jumlah pasien 1400 pasien per agustus 2023 , Kemoterapi dengan jumlah pasien 100 perbulan, , Hemodialisa jumlah pasien 100-120 per bulan dengan 900 tindakan perbulannya.

Dokter spesialis pendukung Dokter sub spesialis onkologi antara lain bedah,obgin,penyakit dalam dan paru,digestif.

Saat ini RSAM mengembangkan layanan di bidang radioterapi, sarana dan prasarananya sedang dalam persiapan. Dokter spesialisnya saat ini referal, dan ada yang dikirim untuk mengambil spesialis onkorad.

RSAM juga sudah dapat melayani layanan BTKV, terima kasih atas rujukan dari RS Hanafiah, Adnan WD, RSUD padang Panjang, RSUD Lubuk sikaping untuk dilakukan tindakan semino dan CDL.

RSAM memiliki banyak inovasi yang memiliki prestasi di propinsi bahkan ke tingkat Nasional. Masuk ke dalam top 99.

"Komitmen layanan RSAM, kami mengundang bapak ibu yang sudah mempercayakan masyarakatnya untuk berobat di RSAM, pada kesempatan ini kami berkomitmen untuk mempercepat layanan baik dalam hal rujukan di gawat darurat maupun di layanan rawat jalan dan rawat inap. Dengan SDM yang sangat kompeten di bidangnya, dengan kepala Instalasi gawat darurat dr. Hafizar SpU, Ka instalasi rawat jalan dr. Suyastri SpP (K) onk, Ka instalasi Rawat inap bedah dr. Delsi Sp. OT. Dan jajaran wadir pelayanan yang mana nanti bapak ibu akan kami invite ke dalam grup WA yang bertujuan untuk mempermudah akses dalam hal rujukan ke RSAM," jelas drg. Busril, MPH dalam sambutannya.

Kepala Dinas Kota Payakumbuh, Wawan Sofianto, SKM, Msi mengatakan, ia mendukung peningkatan pelayanan RSUD Dr Achmad Mochtar Bukittinggi kepada masyarakat serta kepada rumah sakit jejaring di Sumatera Barat.

"Semoga kerja sama ini, terus kita tingkatkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Share on WhatsApp Share on WhatsApp

Terbaru