Indikator Kinerja Utama RSUD Dr Achmad Mochtar Bukittinggi

Posted on 2022-02-14 10:06:18 by SIMRS

RSUDDr.ACHMADMOCHTARBUKITTINGGI
TAHUN2016-2021




1 NAMAORGANISASI RSUDDr.ACHMADMOCHTARBUKITTINGGI

2
TUGAS
Melaksanakanupayakesehatansecaraberdayagunadanberhasilgunadenganmengutamakanupayapenyembuhandanpemulihanyangdilaksanakansecaraserasidanterpadudenganupayapeningkatandanpencegahansertamelaksanakanupayarujukan.


3 FUNGSI a.b.c.d. PenyelenggaraanPelayananMedis.
PenyelenggaraanPelayananPenunjangMedikdanNonMedik.PenyelenggaraanPelayananAsuhanKeperawatan.PenyelenggaraanPelayananRujukan.
e.
f.g. PenyelenggaraanPendidikandanPelatihan.
PenyelenggaraanPenelitiandanPengembangan.PenyelenggaraanAdministrasiUmumdanKeuangan.

4
VISI
:
TerwujudnyaRSUDDr.AchmadMochtarBukittinggisebagaiRumahSakit
RujukanTerdepan,BerdayaSaingdanBermartabat.

5
MISI
:
1.Meningkatkanpelayanankesehatanrujukanyangbermutudanparipurnabagiseluruhlapisanmasyarakt.
2.Meningkatkankemandirianrumahsakitdalampengelolaanpelayanankesehatan,administrasidanmanajemen.


6INDIKATORKINERJAUTAMA:




NO TUJUAN
STRATEGIS INDIKATOR
TUJUAN SASARANSTRATEGIS INDIKATOR
KINERJAUTAMA
FORMULA/SUMBERDATA PENANGGUNG
JAWAB
1 2 3 4

1.
MenurunyaAngkaKematian
1.NetDeath
Rate(NDR)
2.GrossDeath
Rate(GDR)
MeningkatnyaMutuPelayananKesehatanSesuaiStandar.
1.IndekKepuasanMasyarakat(%)
IndeksKepuasanMasyarakat(IKM)adalahdatadaninformasitentangtingkatkepuasanmasyarakatyangdiperolehdarihasilpengukurankuantitaspendapatmasyarakatdalammemperolehpelayanandariaparaturpenyelenggarapelayananpublikdenganmembandingkanantaraharapandankebutuhannya.
IndeksKepuasanMasyarakat(IKM)diukurmelaluiSurveyKepuasanpemakailayanan(Responden)padaUnitKerjaRSUDDr.AchmadMochtarBukittinggiselakuPelayananPublikmilikProvinsiyangberadadiKotaBukittinggimelaluipengisiankuisionerdanwawancara.Kuesioneryangdiajukanmengandung14(empatbelas)unsurpelayanansebagaiberikut:

NOUNSURPELAYANAN

1ProsedurPelayanan(2)
2PersyaratanPelayanan(2)
3Kejelasanpetugaspelayanan(3)
4Kedisiplinanpetugaspelayanan(3)
5Tanggungjawabptgspelayanan(2)
6Kemampuanpetugaspelayanan(3)
7KecepatanPelayanan(3)
8Keadilanmendapatkanpelayanan(3)
9Kesopanan&Keramahanpetugas(2)
10KewajaranBiayaPelayanan(2)
11KepastianBiayapelayanan(1)
12KepastianJadwalpelayanan(1)
13Kenyamananlingkungan(2
14Keamananpelayanan(2)
WadirPelayanan
WadirPenunjang
&SDM
WadirUmum&Keuangan
































2.TingkatAkreditasiRumah
SakitVersi
2012(%) darihasilIndeksUnitpelayanantersebut,dapatdihitungnilaiIKMdenganmengalikantotalhasilIndeksUnit
Pelayanandengannilaidasarunitpelayananyangditetapkanstandarnyayaitu25.HasilIndeksKepuasan
MasyarakatinimemilikiIntervalatas4kategoridengankisaran


NilaiNilaiIntervalNilaiIntervalMutuKinerjaUKPPPersepsiIKMKonversiIKMPelayanan
11,00–1,7525–43,75DTidakBaik
21,76–2,5043,75–62,50CKurangBaik
32,51–3,2562,51–81,25BBaik
43,26–4,0081,26–100,00ASangatBaik

PeningkatanKepuasanMasyarakatyangmemanfaatkanjasalayananRSUDDr.AchmadMochtarBukittinggiakanberdapampakTerhadaphalhalsebagaiberikut:
1.MeningkatnyaBOR(BedOcupationRate)/angkapemanfaatantempattidur.
2.MeningkatnyaJumlahKunjunganpasienRawatJalan
3.MeningkatnyaJumlahHariPerawatan.
4.MeningkatnyaJumlahKunjungandiIGD.
5.MeningkatnyaJumlahPendapatanRS.

TargetIndekKepuasanMasyarakatterhadappelayanankesehatanRSUDDr.AchmadMochtarBukittinggiTahun
2016-2021adalah:

TAHUN201620172018201920202021

TARGET818284868890


UntukPenialaianAkreditasiRSUDDr.AchmadMochtarBukittinggiTahun2017adalahAkreditasiVersi2012yangberorientasipadaPasien.
DisiniyangdilihatdandinilaiadalahbagaimanapelaksanaanpelayanandiseluruhunitlayananapakahsudahsesuaidenganstandarAkreditasiVersi2012.
DarihasilpenilaianAkreditasiVersi2021iniada4Tingkatkelulusanyaitu:
1.TingkatDasar,
2.TingkatMadya
3.TingkatUtama
4.TingkatParipurna.

TargetTingkatKelulusanAkreditasiRSUDDr.AchmadMochtarBukittinggiTahun2016-2021adalah:





























WadirPelayanan
WadirPenunjang
&SDM
WadirUmum&Keuangan
TAHUN 2016 2017 2018 2019 2020 2021
TARGET Paripurna
(81%) Paripurna
(84%) Paripurna
(84%) Paripurna
(90%) Paripurna
(90%) Paripurna
(100%)



2 Terwujudnya
RumahSakit
YangMandiri CurrentRatio(
CR) Meningkatnya
kemandirian
KeuanganRS. Tingkat
KemandirianKeuanganRumahSakit(TKK) TingkatKemandirianKeuangan(TKK):Indikatoriniuntukmengukursampaisejauhmanakontribusi
pendapatanpelayananRSterhadapTotalBiayaRS(termasukinvestasi)

PadaindikatorinisemakinbanyakBiayaInvestasibaikpengadaanalatmaupununtukpembangunangedungmakaakansemakinkecilCapaianTKKnya.
UntukituagarTKKmenjadinaikmakaharusditingkatkanPendapatanRumahSakitdengancaramenggalisumber-sumberpendpatanbarudanmencariinovasipelayananyangdapatdikembangkansehinggaangkapendapatanjugamenjadinaik.


TargetTKKRSUDDr.AchmadMochtarBukittinggiselamaTahun2016–2021adalah:

TAHUN201620172018201920202021

TARGET636465593646




WadirUmum&Keuangan

DIREKTURRSUDDr.ACHMADMOCHTARBUKITTINGGI







Dr.KHAIRUL,Sp.M
NIP.196101151989031003

Share on WhatsApp Share on WhatsApp

Terbaru